Friday, October 27, 2023

Lana 40 hari

Bisa dibilang ini adalah sebulan paling emosional, up and down, challenging, dan life-changing di kehidupanku bersama E. 

Luar biasa sekali ya post-partum aka trimester 4 aka life with new born itu. 

Sleepless night - cape tapi oke lah
Post partum body - beberapa hari awal lumayan berasa tapi setelahnya aman
Breastfeeding - 🔥🔥🔥
Newborn care including ndiemin nangis - 🔥🔥🔥

Sejujurnya berasa ga punya life, seluruh waktu tenaga pikiran adalah buat Lana. well, I guess that's what maternity leave is for. ngga ada libur libur/ santai santai. I called it kelas kehidupan super akselerasi.

week 1: menyusui masih berantakan - pelekatan susah, belum ngerti pompa asi, ibu dan anak sama sama baru belajar dan frustasi, Lana dehidrasi pipis berdarah. berat badan turun dari 3,1 kg ke 2,8 kg -- masih di ambang batas. pesan catering ciakpo dan jasa bidankerumah jadi bisa tanya2 dan belajar newborn care sm bidan.

week 2: pindah bogor. latching dbf sudah lumayan, tapi durasi menyusui lama sampai di atas 30/45 menit. found out that Lana has VSD

week 3-4 : checkup sebulan, berat badan jauh di bawah target. harusnya 3,1kg + 700-800 gram, Lana cuma balik ke bb awal di 3,2kg. pesan jasa pijat pascalahiran di bogor yg tradisional dengan ibu Mira: pijat sebadan, bengkung, pijat PD, mandi rempah, totok wajah dll. baru kali ini perawatan extensive, padahal biasanya boro boro pijat/spa.

week 5-6 : intro to sufor setelah konsultasi dengan dra.  jadi mix sufor dan asi dan asip. berat badan mulai nambah, now ,3,7kg. still struggling with milk supply. 

Merasa sangat terbantu dengan ambil kelas online menyusui + konten2 Youtube. banyak sekali inputnya
  . . . 
Kami bikin hampers 1 bulan Lana yang akhirnya kurangkai homemade (bareng mbaak dan umi di rumah . . puas. cantik, berguna, affordable 👍


No comments: